Jasa Pelaksanaan Outbound di Indonesia

Jasa Pelaksanaan Outbound di Indonesia

Outbound merupakan kegiatan atau permainan yang diselenggarakan suatu komunitas atau perusahaan, dan bertempat  di luar ruangan atau di alam terbuka yang bertujuan untuk mengubah watak atau karakter pesertanya menjadi lebih baik atau positif.  Outbound sifatnya lebih kompleks, karena memerlukan suatu pelatihan yang membutuhkan aktivitas fisik, pikiran dan emosional yang lebih dibandingkan dengan Gathering dan Outing. Outbound  juga membutuhkan waktu yang lebih lama.

Jasa pelaksanaan Outbound dari kami, memberikan sebuah metode pembelajaran modern yang memanfaatkan keunggulan alam. Para peserta yang mengikuti outbound tidak hanya dihadapkan pada tantangan intelegensia, tetapi juga fisik dan mental. Dan ini akan terus terlatih menjadi sebuah pengalaman yang membekali dirinya dalam menghadapi tantangan yang lebih nyata dalam persaingan di kehidupan sosial masyarakat.

Tujuan Kegiatan Outbound

Kegiatan outbound sendiri bertujuan menumbuhkan dan menciptakan suasana saling mendorong, mendukung serta memotivasi dalam sebuah kelompok. Selain mengembangkan kemampuan apresiasi atau kreativitas dan penghargaan terhadap perbedaan dalam sebuah kelompok juga memberikan kontribusi memupuk jiwa kepemimpinan, kemandirian, keberanian, percaya diri, tanggung jawab dan empati yang merupakan nilai dasar yang harus dimiliki setiap orang. Yang diterjemahkan melalui experiential learning yang akan memberikan pengalaman langsung kepada peserta pelatihan dengan simulasi permainan. Peserta langsung merasakan sukses dan gagal dalam pelaksanaan tugas. Setelah melakukan Outbound, terdapat poin-poin  yang harus dicapai para peserta, yakni perubahan sikap dan karakter yang lebih baik daripada sebelum melakukan Outbound. Misalnya menjadi lebih kreatif, disiplin, dan lain sebagainya.

Sisi menarik dari metode pembelajaran outbound adalah permainan sebagai bentuk penyampaiannya. Dalam permainan skill, individu tidak hanya ditantang berpikir cerdas namun juga memiliki kepekaan sosial. Dalam outbound peserta akan lebih banyak dituntut mengembangkan kemampuan ESQ (emotional and spiritual quotient) nya, disamping IQ (intellegent quotient). Metode outbound training memungkinkan peserta dalam aktivitasnya melakukan sentuhan-sentuhan fisik dengan latar alam yang terbuka sehingga diharapkan melahirkan kemampuan dan watak serta visi kepemimpinan yang mengandung nilai-nilai kejujuran, keterbukaan, toleransi, kepekaan yang mendalam, kecerdasan serta rasa kebersamaan dalam membangun hubungan antar manusia yang serasi dan dinamis.

Jadi dapat disimpulkan bahwa tujuan Outbound adalah:

  1. Manusia perlu belajar dari alam, belajar dari pengalaman nyata, antara lain melalui interaksi dengan alam dan interaksi antar peserta.
  2. Me-refresh otak dari rutinitas keseharian.
  3. Eksperimen mengembangkan berbagai macam alternatif pemecahan persoalan/masalah/ game.
  4. Belajar secara kolektif/bersama memahami perilaku orang lain dan pemahaman yang lebih komprehensif.

Bangkitkan semangat tim agar lebih Dahsyat bersama kami Jasa Pelaksanaan Outbound.